Sisi Gelap Google Search

Siapa tak tahu mengenai mesin pencari (search engine)? Dengan search engine ini, internet menjadi salah satu penemuan yang bisa dibilang revolusioner. Internet menjadi bahan referensi mencari informasi yang utama.

Internet menjadi sarana untuk mencari berbagai informasi yang diinginkan. Cukup dengan mengetik kata kunci (keyword) di search engine, selebihnya kita tinggal mencari jawaban yang cocok.

Mesin pencari yang paling populer saat ini maestronya bisa dibilang Google Search. Bahkan ada istilah "Googling" ketika kita hendak mencari informasi di internet. Saking populernya, sebuah pertanyaan sederhana kadang sering ditanyakan melalui situs ini. Berbagai perubahan yang dikembangkan oleh Google menjadikannya mesin pencari ini makin berkembang dan akurat.

Dampak Negatif

Seiring dengan makin populernya search engine ini, tentu saja bagai dua sisi mata uang memiliki dampak negatif. Oke memang mesin pencari ini membantu meng-indeks dan membantu orang mencari informasi, hanya saja dengan kemudahan teknologi kadang apa yang didapat dari Google Search ini terkadang mengandalkan copy-paste.

Beberapa guru, ataupun dosen kini banyak memberikan tugas membuat makalah. Dan karena mudahnya akses melalui Google Search, maka memudahkan siswa ataupun mahasiswa dalam mengerjakan tugas tersebut. Alih-alih menjadikan hasil googling sebagai bahan referensi, beberapa pelajar justru melakukan aksi copy paste dengan mudah.

Apapun yang dibagi di internet, baik tulisan di blog, foto dan juga video tentu merupakan hasil karya yang perlu untuk diapresiasi. Setidaknya hasil karya mereka membutuhkan penghargaan dengan pencantuman sumber referensi.

Mesin pencari tak lagi hanya bersifat sebagai sumber referensi. Mesin pencari disalahgunakan untuk menjadi sumber jiplakan beberapa orang. Sikap untuk mencari referensi dan juga melakukan riset untuk menghasilkan sebuah karya sudah semakin jarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver