Memaksimalkan Facebook

Facebook merupakan jejaring sosial yang sangat populer di Indonesia. Bak trend kekinian, Facebook disukai banyak kalangan dari berbagai latar belakang. Tak hanya anak muda, beberapa orang tua pun juga memilikinya. Facebook menjelma menjadi situs media sosial nomor satu di Indonesia.

Sebagai media untuk menjalin silaturahmi, ada baiknya pengguna memanfaatkan dengan baik situs pertemanan ini. Facebook merupakan salah satu terobosan teknologi internet yang memudahkan berbagai orang dimana saja senantiasa berinteraksi.

Fitur Messaging

Facebook memiliki dua keunggulan menurut saya. Yang pertama, Facebook merupakan aplikasi yang mewajibkan menggunakan identitas asli. Saya menganggap ini sebuah keunggulan karena menjadikan pengguna Facebook terwakili dengan akun yang dimilikinya. Menemukan orang tak lagi terlalu sulit, tinggal menyamakan identitas data diri yang diperlukan.

Keunggulan yang kedua adalah Facebook ini salah satu aplikasi mobile yang lintas platform. Ponsel berjenis dan tipe apapun asal bisa digunakan untuk mengakses internet, bisa digunakan untuk membuka Facebook. Tak perlu smartphone yang berharga jutaan rupiah hanya untuk menggunakannya.

Salah satu fitur yang bisa dimaksimalkan adalah "Messenger". Untuk dulu, mungkin lebih dikenal dengan nama "inbox". Namun sejak beberapa waktu lalu, Facebook mengambil kebijakan dengan menjadikan Messenger sebagai aplikasi terpisah.

Bagi pemilik ponsel yang masih bertipe feature phone ini bisa digunakan untuk pengganti aplikasi perpesanan semacam BBM atau Whatsapp. Penggunaannya simple tinggal saling berteman di Facebook. Untuk kemudian, bisa saling berkirim pesan ataupun gambar. Simple, dan tak perlu smartphone canggih, bahkan mungkin ponsel seharga ratusan ribu berteknologi 2G pun bisa digunakan.

Fan Page untuk Bisnis

Salah satu lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah Fan Page. Facebook menyediakan fitur ini salah satunya untuk media bisnis. Bisa digunakan sarana layanan pelanggan ataupun sebagai media promosi. Lumayan lah digunakan sebagai alternatif daripada membuat website profesional yang mungkin harganya terbilang cukup mahal. Dengan Fan Page, tinggal berpromosi ke banyak orang untuk me-Like-nya. Cukup enak dan efektif, apalagi untuk bisnis online, daripada harus men-tag teman-teman yang kadang mengganggu.

Facebook Notes

Facebook notes (catatan) merupakan salah satu alternatif untuk menulis berbagai catatan. Selain itu, ada baiknya notes pun digunakan semacam blog. Catatan dapat dibagi ke berbagai orang meskipun belum menjadi teman. Salah satu alternatif untuk menyalurkan hobi dalam menulis.

Facebook dan media sosial lain merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi. Seperti yang lain, perkembangan teknologi akan memacu kita berkreativitas. Asal digunakan untuk hal positif, tentunya Facebook akan menjadi media sosial yang produktif dan bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver