Internet Mobile : Sebuah Kebutuhan

Untuk saat ini, tampaknya penggunaan internet makin berkembang. Hal tersebut tak lepas dari kemampuan berbagai gadget yang dapat digunakan untuk mengakses. Ya, saat ini orang tak lagi terbatas hanya menggunakan komputer ketika ingin mengakses internet.

Kemudahan ini terlihat ketika saat ini, pengakses internet melalui telepon genggam (ponsel) jumlahnya lebih banyak dibandingkan pengakses melalui komputer. Warnet pelan mulai sepi, dan hanya berisi anak-anak kecil bermain game online. Tak semua rumah tangga memiliki komputer, namun bukan berarti tak bisa mengakses internet, karena saat ini ponsel pun telah mampu mengakomodirnya.

Dengan makin meningkatnya trend mengakses internet melalui ponsel ini telah menjadi kendala maupun tantangan tersendiri bagi pemilik website. Tantangannya adalah bagaimana membuat websitenya dapat nyaman dilihat melalui ponsel (mobile friendly). Ini penting, karena bagaimanapun juga, pengakses website melalui layar ponsel yang kecil saat ini telah menjadi trend tersendiri yang harus pula untuk diperhatikan.

Bila kita perhatikan, situs-situs website populer seperti Facebook, Google serta Twitter, semakin berkembang setiap waktunya. Hal ini tak terlepas karena strategi mereka yang mampu mengakomodir "mobile friendly" sehingga penetrasinya makin berkembang ke pengguna ponsel.

Google saat ini pun di hasil pencariannya memberikan sebuah tambahan keterangan apakah situs tersebut mobile friendly ataukah tidak. Penetrasi internet melalui mobile telah menjadi gaya hidup saat ini. 

Salah satu kebutuhan dalam mengakses internet adalah sebuah kecepatan. Apalagi saat dibutuhkan browsing dengan waktu dan tempat yang terbatas, tentu pilihan ada di internet mobile. Tak perlu repot menyiapkan komputer guna mengakses internet. Cukup memanfaatkan smartphone kemudian mengetikkan kata kunci, hasil pencarian pun cepat didapat. Praktis dan dapat dilakukan kapan saja serta dimana saja. 

Hal ini tampaknya harus menjadi penyedia website yang masih belum mobile friendly. Jika masih ingin tetap ramai dikunjungi, meninggalkan sistem lama ke era internet mobile mutlak perlu dilakukan. 

Orang kadang tak punya lagi waktu berlama-lama di depan komputer. Mengakses website yang hanya bisa dinikmati melalui desktop terkadang membosankan. Berbeda bila sebuah website tersebut bersifat mobile friendly, orang sambil santai mengaksesnya ataupun waktu luang di jalan pun masih bisa menggunakannya.

Saya pikir, dengan makin berkembangnya internet mobile ini menjadi bahan evaluasi penyedia website. Jika hanya bertumpu pada tampilan website versi desktop semata siap-siap saja ditinggalkan. Beberapa orang malas mengetuk layar dua kali ataupun memperbesar tampilan website. Mereka ingin cara praktisnya, menikmati website yang mobile friendly.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver