"Seni" Browsing

Browsing juga bisa menjadi sebuah seni. Browsing saat mencari referensi ataupun informasi lainnya merupakan sebuah kegiatan yang sering dilakukan di era digital seperti saat. Bahkan beberapa orang mengalokasikan waktu dalam sehari untuk mencari informasi serta menjelajah internet yang merupakan sumber referensi.

Ketika jaman dulu, kegiatan mencari sebuah informasi terbatas dilakukan hanya oleh beberapa orang saja. Semisal saja para pelajar ataupun karyawan di sebuah perusahaan. Kepentingan mengerjakan tugas serta riset menjadi salah satu alasan seseorang mencari informasi.

Ragam cara orang mencari informasi. Jika dulu mungkin orang cenderung membuka arsip-arsip (kliping) lama ataupun mencari referensi di perpustakaan. Kegiatan ini membutuhkan waktu tersendiri. Kadang bahkan bisa seharian ketika melakukannya.

Seiring perkembangan, dengan ditemukannya internet, "seni" mencari informasi pun makin berkembang. Semua tak lagi bergantung pada referensi cetak seperti koran, majalah ataupun buku-buku yang tersimpan rapi di perpustakaan. Muncul media baru. Sumber referensi tersebut bernama internet.

Mencari referensi melalui internet sebenarnya merupakan hal awal kegiatan online. Di awal kedatangannya, internet memiliki mesin pencari semacam Google dan Yahoo yang mengakomodir kebutuhan orang dalam mencari informasi di sebuah website.

Browsing menjadi sangat menyenangkan. Banyak informasi-informasi betebaran di internet. Perkembangan informasi yang makin cepat bahkan telah mengalahkan berita-berita di televisi maupun media cetak.

Kemudian muncul situs-situs berita. Laksana koran pagi, situs-situs ini menawarkan berita-berita yang lebih hangat. Saat sebuah peristiwa terjadi, bahkan dalam beberapa jam atau bahkan menit sebuah berita telah tersaji di website tersebut. Pengunjung tinggal menikmati hasil tulisannya. Tak perlu mengkliping sebuah berita seperti layaknya koran ataupun majalah. Karena hampir semua situs menyediakan arsip semua berita yang telah disampaikannya yang bisa di-searching kapanpun dibutuhkan.

Saat membutuhkan sebuah informasi terkait hal tertentu, pengguna internet pun kini hanya tinggal mengetikkan kata kunci (keyword) di mesin pencari. Tinggal "memasrahkan" pada Google, Yahoo, ataupun Bing, maka berbagai artikel, berita muncul hanya dalam hitungan detik. Jauh lebih cepat dibanding kita mencari informasi dari kliping-kliping lama ataupun buku-buku di perpustakaan.

Inilah sebuah kemudahan berkat hadirnya teknologi. Informasi lebih mudah diakses. Era sekarang merupakan era keterbukaan informasi. Era dimana orang secara sukarela berbagi informasi yang dimilikinya dengan banyak orang.

Perkembangan browsing tak hanya terbatas pada sekedar mencari sebuah informasi melalui internet. Telah banyak bermunculan media sosial, serta forum-forum diskusi internet yang mengubahnya menjadi aktivitas wajib ketika online.

Media sosial seolah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh semua pengguna internet. Media sosial merupakan salah satu cara agar pengguna internet dapat dihubungi, mencari informasi yang sedang banyak dibicarakan oleh banyak pengguna lainnya, serta saling berdiskusi dan berbagi.

Selain itu juga ada blog di internet. Blog seperti halnya website merupakan media informasi di internet. Secara lebih khusus, blog biasanya berisi opini pemiliknya. Di blog ini juga berisi artikel-artikel yang secara sukarela dibagi oleh pemiliknya di internet. 

Tiada hari tanpa pengetahuan. Mungkin kini mencari sebuah ilmu dan pengetahuan akan lebih mudah. Tiap hari informasi apapun senantiasa bisa dicari dan disediakan oleh internet. Jadi, seni browsing tentunya tak hanya fokus pada menjelajahi media sosial yang dimiliki saja kan? Carilah sebanyak mungkin ilmu dan informasi melalui internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver