Teknologi Membuat Kita Produktif

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti sebuah promo dari Microsoft mengenai produk mereka. Tampaknya Microsoft berniat memudahkan penggunanya untuk lebih produktif dalam bekerja. Sebuah hal yang mungkin patut disyukuri bahwa teknologi memang diciptakan membantu setiap kebutuhan dan pekerjaan bagi para penggunanya.

Saya merupakan salah satu dari orang yang percaya bahwa teknologi harusnya memudahkan pengguna. Teknologi bukanlah untuk menjadi sebuah momok. Teknologi bukanlah sesuatu yang menyulitkan. Namun, beberapa orang mungkin sangat sulit beradaptasi dalam menggunakan teknologi. Bisa terkait dengan usia dan lain sebagainya. Misalnya saja seseorang yang berusia lanjut jarang mau menggunakan smartphone terkini dan cenderung menggunakan ponsel biasa yang masih ber-keypad alfanumerik.

Teknologi senantiasa berkembang dan maju seiring perkembangan jaman. Misalnya saja teknologi komputer, dulu mungkin orang tidak merasa jika nantinya akan menjadi barang penting untuk digunakan. Komputer sekarang merupakan sebuah alat yang dapat melakukan pekerjaan apa saja. Berbeda dengan dahulu yang mungkin fungsinya terbatas untuk menggantikan mesin ketik manual.

Pun dengan smartphone kali ini yang masuk ke dalam kehidupan manusia setiap harinya. Bahkan ponsel pintar tersebut bagi beberapa orang menjadi barang pertama yang dipegang saat bangun tidur serta menjadi benda terakhir yang digunakan sebelum beranjak tidur.

Semakin intens-nya penggunaan ponsel pintar maupun smartphone saat ini tak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi yang semakin berkembang itu pun makin memudahkan kehidupan. Misalnya saja bila dulu orang sangat bergantung dengan kertas, buku maupun media cetakan, kini ponsel pintar menggantikan semuanya. Smartphone saat ini menjadi alat berkomunikasi, mengorganisir janji dan juga mencari referensi. Apalagi dengan perkembangan internet, yang seolah makin menjadikan kehidupan ini makin mudah.

Dengan kemajuan teknologi, seharusnya menjadikan penggunanya menjadi semakin produktif. Namun, kenyataannya kadang tak seperti itu. Beberapa kasus, teknologi justru menjadikannya sumber masalah. Bagai kecanduan, orang tak bisa dilepaskan dari penggunaan ponsel pintar serta teknologi.

Penggunaan ponsel makin intens dengan maraknya sosial media. Saat ini, sosial menjadi sebuah trend, menjadi sesuatu yang tampaknya dimiliki serta digunakan hampir semua orang. Media sosial makin trend kala penggunaanya bisa diakomodir melalui ponsel pintar. Sebagai alat yang senantiasa dibawa kemanapun, dipadukan dengan kebutuhan untuk senantiasa update, menjadikannya makin membuat kecanduan.

Media sosial awalnya digunakan untuk dapat senantiasa bersosialisasi di internet. Namun, saat ini makin membuat media sosial menjadikannya sebuah gaya hidup. Media sosial tak hanya menjadi media berkomunikasi dan sosial semata. Media sosial pun kadang kala menjadi sarana promosi, polling dan lain sebagainya.

Produktif dengan bantuan teknologi mungkin dapat dilakukan jika mampu mengendalikannya. Karena teknologi kadang membuai penggunanya. Kemudahan yang ditawarkan kadang mencampur-adukkan hiburan dan juga pekerjaan. Ini yang menjadi masalah, karena bagi beberapa orang lebih senang bermain daripada bekerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver