"Kan Ada Google"

Terus terang kadang saya sulit membayangkan sekolah pada jaman dahulu. Saya membayangkannya sekolah jaman dulu mungkin sangat sulit. Untuk mendapat nila baik, mungkin kita diharuskan untuk menghafal sekian banyak materi pelajaran.

Saya pas SMA pun merasa seperti itu. Saya sendiri gampang malas untuk belajar. Dulu saya mengambil jurusan IPS saat SMA, dan jurusan ini apapun alasannya harus paham dan lain sebagainya, tetap saja dihadapkan untuk menghafal atau setidaknya membaca materi pelajaran yang segitu banyaknya.

Untuk saat ini, mungkin tidak berubah. Saya tidak memperhatikan sekolah sekarang, hanya saja prediksi saya tetap saja siswa dihadapkan untuk menguasai materi pelajaran segitu banyaknya. Namun, berbeda dengan jaman dahulu, setidaknya mungkin saat ini siswa akan lebih mudah belajar ataupun memahami materi dengan adanya Google.

Ya, saya merasa Google telah mampu mengubah paradigma belajar siswa. Ada solusi alternatif misalnya saat biaya membeli buku pelajaran yang lumayan menguras kantong dibatasi dengan membeli kuota untuk akses internet kemudian menjelajahinya. Google ibarat sebuah perpustakaan yang super lengkap.

Apakah Google telah menjadi solusi dunia pendidikan? Cukup sulit saya menjawabnya. Namun saya bisa memberikan sebuah gambaran. Jadi, saya masih menganggap bahwa pemaksimalan teknologi di bidang apapun (tak hanya pendidikan) berkait dengan kemampuan orang dalam memaksimalkannya. Seseorang yang kreatif, mungkin memanfaatkan ponsel pintar akan lebih baik.

Dari sini bisa digambarkan bahwa pemanfaatan teknologi merupakan bagian dari gaya kehidupan saat ini. Ingatan seseorang tetaplah terbatas. Sangat sulit rasanya mengingat beragam hal, dan itulah salah satu fungsi teknologi. Maksud saya, ketika kita memiliki ingatan yang terbatas, kita mungkin saat ini lebih mudah dalam mengabadikannya. Foto, catatan, dan video sudah lebih mudah untuk diciptakan. Dan kembali ke soal materi pelajaran, mungkin beberapa pelajar yang kesulitan saat belajar tinggal bilang :"Kan ada Google."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver