Hemat Kuota

Di jaman sekarang ini, rasanya sungguh tidak mungkin bisa dilepaskan dengan kebutuhan data internet. Pada sebuah smartphone misalnya, rasanya pemakaian untuk data internet lebih besar ketimbang telepon dan sms. Kebutuhan di era digital saat ini memaksa orang untuk selalu update. Alhasil kebutuhan kuota data pun makin membengkak. Bahkan kadang menghabiskan porsi tersendiri dari pengeluaran. Rasanya perlu lebih bijak mengatur pengeluaran utamanya untuk kebutuhan internet agar tidak mengganggu kebutuhan lainnya.

1. Kenali Kebutuhan Kuota

Kebanyakan orang gajian sebulan sekali. Nah sehabis gajian ini baiknya menjadi momentum untuk mengukur kebutuhan data kita. Ada baiknya memilih paket bulanan daripada mingguan serta harian, karena jatuhnya akan lebih hemat.

Yang paling penting justru adalah memastikan dan memilih paket kuota yang paling tepat dengan kebutuhan. Ingat, paling tepat, tidak kurang ataupun lebih. Bila memilih paket kuota kecil, padahal kebutuhan banyak, misalnya untuk game online dan streaming, maka kita akan tertarik untuk menambah kuota yang justru membuatnya jadi lebih boros. Sebaliknya, jika kuota penggunaan kita kecil, hanya untuk messenger misalnya, namun memilih paket kuota yang besar, maka akan banyak kuota yang terbuang sia-sia.

2. Se-sedikit Mungkin Menggunakan Gadget

Gadget lebih dari satu, apalagi jika semuanya selalu "on" dalam paket datanya tentunya menjadi boros. Karena bagaimanapun juga, masing-masing gadgey perlu untuk "diberi makan". Namun memang, jaringan operator di Indonesia kadang labil, hingga membutuhkan kartu cadangan agar tetap bisa terhubung.

3. Pilih Operator Terbaik

Pilihan bijak ketika kita tinggal di suatu wilayah, perlu untuk tahu mana operator dengan sinyal maupun layanan terbaik di tempat tersebut. Terbaik bukan berarti paling murah. Kadang operator yang menawarkan paket lebih murah namun sinyalnya buruk, bukannya hemat, aktivitas online kita justru terganggu kenyamanannya.

4. Membeli Paket Kuota di Counter atau Gerai Secara Langsung

Biasanya, operator memberikan harga khusus kala membeli paket secara langsung di counter daripada dengan sistem potong pulsa. Cara ini lebih cocok digunakan , lumayan dapat menghemat beberapa rupiah.

5. Menghapus Aplikasi Tidak Perlu

Mungkin kadang kita berpikir tak mengapa membiarkan aplikasi bertahan di ponsel meski tidak digunakan. Namun, alangkah bijaknya jika aplikasi tersebut sebaiknya dihapus. Meski didiamkan, tetap saja kadang aplikasi tersebut menggoda untuk digunakan. Belum lagi harus update aplikasi di Play Store yang memakan kuota.

Mudah? Saya jawab tidak. Karena saya juga tidak bisa melakukannya se-efektif mungkin. Hanya saja tidak ada salahnya kita mulai membatasi kegiatan online agar tidak mengganggu kondisi keuangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver