Data yang Tak Bisa Dianggap Remeh

Apa yang terpenting dari era digital di jaman sekarang? Ponsel canggih kaya fitur yang "kekinian"? Ataukah perangkat yang bisa membantu kita bekerja darimana saja dan kapan saja?

Era digital saat ini merupakan saat dimana informasi dan data menjadi sesuatu yang penting untuk dicermati. Bagaimana tidak, setiap apapun yang berhubungan dengan jaringan internet terkadang memerlukan berbagai data dan informasi.

Media sosial misalnya, mengharuskan kita sedikit " membeberkan" informasi terkait identitas, yang terkadang bersifat sensitif. Data sensitif tersebut, apabila diketahui oleh orang yang salah, tentunya akan menjadi sesuatu yang buruk. Telah banyak kejahatan yang terjadi akibat penyalahgunaan informasi.

Sebenarnya, pemberian informasi terkait dengan identitas merupakan hal yang penting. Misalnya saja dalam media sosial yang mewakili identitas kita di internet. Sayangnya, pemberian informasi ini kadang jatuh ke tangan pihak yang tidak berkepentingan.

Tak hanya data di media sosial. Informasi yang kita bagi dalam kehidupan sehari-hari pun kerap kali disalahgunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan. Sebut saja misalnya data diri kita di bank saat membuka rekening, kadang juga dimanfaatkan oleh orang ketiga baik itu untuk keperluan spam iklan sampai penipuan.

Keamanan serta kerahasiaan data serta informasi menjadi begitu penting di era saat ini. Apalagi, sekarang kita memasuki era dimana berbagai perangkat bisa kita gunakan kapan dan dimana saja untuk bekerja. Tentunya, file ataupun data pekerjaan dan identitas kita tak mau jatuh ke tangan yang salah.

Dunia kerja yang makin membutuhkan efisiensi dan kecepatan hendaknya dibarengi dengan media penyimpanan yang tepat sekaligus aman. Dalam hal ini, tentunya kita maklum bersama, setiap apa yang tersimpan di internet, tidak bisa aman 100%. Mem-password pun bukan satu-satunya solusi yang kadang juga masih bisa diretas.

Sensitifitas data yang tersimpan begitu pentinh hingga bukan pilihan bijak kala kita "ngawur" dalam menyimpannya. Menyimpan secara online misalnya, berarti membuka kerahasiaan data kita pada pihak ketiga. Pilihan lain tentu menyimpan secara offline di flashdisk ataupun penyimpanan data tradisional lainnya, lebih "ribet" dan berisiko hilang.

Penyimpanan data melalui online (cloud) ataupun konvensional memiliki plus minus tersendiri. Sebenarnya semua itu berpaling pada sang pemilik untuk pandai-pandai dalam menyimpan data yang sifatnya sensitif serta berhati-hati kala berbagi informasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver