Aplikasi yang Perlu Ada di Smartphone Anda

smartphone sme
Sumber Gambar : theguardian.com
Saat ini, pengguna telepon pintar (smartphone) sudah begitu menjamur. Harga yang semakin murah serta fitur semakin canggih menjadikan gadget ini makin banyak peminatnya. Bermacam-macam alasan orang dalam memiliki sebuah smartphone, namun yang paling dominan, mereka membutuhkan sebuah alat yang dapat membantu pekerjaan dan urusan mereka sehari-hari. Dalam penggunaan smartphone tersebut, tentunya didukung oleh aplikasi-aplikasi yang cocok. Berikut beberapa aplikasi yang sebaiknya ada dalam smartphone Anda agar lebih produktif dalam memaksimalkan penggunaan telepon pintar tersebut.

Perpesanan
Aplikasi perpesanan (messaging) mutlak diperlukan di sebuah smartphone. Ya, apa gunanya telepon pintar jika hanya digunakan untuk menelepon dan berkirim pesan singkat menggunaka SMS saja. Saat ini banyak sekali aplikasi perpesanan yang beredar di market-market OS. Namun, saran saya yang wajib Anda instal hanya dua, yakni BBM dan Whatsapp. Alasannya simple saja, kedua aplikasi perpesanan ini paling banyak jumlah penggunannya. Jika Anda sering berkomunikasi dengan teman-teman Facebook, maka aplikasi Messenger dari jejaring sosial ini juga perlu Anda instal, karena sekarang Facebook mulai memisahkan aplikasi media sosialnya dengan fitur pesan.

Office
Aplikasi Office saat ini sudah banyak macamnya, sebutlah Kingsoft, dan aplikasi yang lain. Namun rekomendasi saya, sebaiknya Anda memilih Office dari Microsoft dan Adobe Reader untuk membuka dokumen berekstensi .pdf. Aplikasi-aplikasi ini dapat mendukung pekerjaan Anda dikala tidak dapat menggunakan komputer. Saya sendiri menulis postingan ini menggunakan fitur Office Word di smartphone saya. Dengan adanya aplikasi ini, dokumen yang terkirim melalui email bisa segera Anda baca dan lebih efektif dalam pekerjaan.

Cloud
Cloud adalah media penyimpanan virtual (awan) yang memungkinkan Anda dapat menyimpan beberapa dokumen yang diinginkan tidak ke dalam memori yang berbentuk fisik seperti micro sd ataupun memori internal ponsel. Bila Anda memiliki memori yang terbatas, apalagi sudah digunakan untuk menyimpan beberapa aplikasi, maka Anda membutuhkan cloud di smartphone Anda untuk menyimpan dokumen. Biasanya masing-masing OS memiliki cloud sendiri yang menawarkan storage dengan gratis ataupun berbayar. Misalnya saja Dropbox di Android atau OneDrive di Windows Phone. Dengan menyimpan di cloud, kapanpun dibutuhkan, Anda bisa mengunduh dokumen yang telah Anda simpan di device atau perangkat apapun. 

Sosial Media
Di jaman sekarang, media sosial adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Taruhlah untuk keperluan bisnis, atau sekedar berinteraksi dengan banyak orang. Dua aplikasi besar, Facebook dan Twitter wajib Anda instal di smartphone. Dua aplikasi ini memiliki pengguna yang besar di dunia. Memang, aplikasi-aplikasi ini bisa diakses melalui browser, namun agar lebih praktis Anda sebaiknya menginstalnya di smartphone. Namun ingat, bijak dalam menggunakan media sosial, jangan sampai lupa waktu karena keasyikan mengaksesnya.

Itulah beberapa aplikasi yang menurut saya perlu Anda punyai di ponsel pintar. Kebutuhan setiap orang berbeda, dan tentunya Anda hendaknya lebih bijak menggunakan aplikasi yang tersedia. Pastikan Anda membutuhkan dan dapat memaksimalkannya. Karena tentu saja akan mubazir jika asal menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Bahkan parahnya, malah akan mengganggu kinerja smartphone Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver