Generasi Menunduk (2) : Pemburu WiFi

Di suatu sore, ketika berjalan-jalan di Mall, saya memperhatikan sebuah Coffe Shop yang lumayan sepi. Hanya ada beberapa pelanggan saja. Salah satunya seorang perempuan yang saya amati cukup lama berada di tempat tersebut. Mungkin sekitar 30 menit sudah perempuan tersebut duduk di salah satu meja. Minuman yang dia pesan baru diminum sedikit tampaknya. Sementara matanya masih asyik dengan ponsel. Saya tidak tahu apa yang dilakukannya, namun fenomena ini semakin banyak kita jumpai di tempat-tempat yang menyediakan WiFi gratis.

Masa begitu mahalnya tarif kuota internet yang disediakan oleh operator, menyebabkan para penggunanya menjadi "kreatif" mencari cara untuk tetap bisa update dengan media sosialnya. Beruntung, saat ini cafe-cafe serta beberapa taman kota menyediakan WiFi gratis yang bisa dinikmati. Demi menghemat pengeluaran dalam berinternet, akhirnya tempat-tempat tersebut menjadi favorit untuk dikunjungi, sekedar memanfaatkan WiFi gratis yang tersedia.

Generasi saat ini, tak mampu lagi menghabiskan hari tanpa mengunjungi akun media sosialnya. Bila dulu mungkin berinternet hanya untuk browsing sesekali serta tidak bergitu besar menghabiskan banyak data, lain dengan saat ini. Penggunaan media sosial yang terlalu sering, yang menjadi gaya hidup telah memaksa penggunaan kuota data yang begitu besar. Seiring dengan konsumsi data yang besar tersebut, biaya yang harus dikeluarkan pun membengkak. Salah satu alternatif untuk menghemat memang dengan "memburu" WiFi gratis.

Adanya para pemburu WiFi inilah yang banyak dimanfaatkan pedagang ritel untuk meraup pelanggan. Dengan menyediakan WiFi gratis, mereka berharap, pelanggan dapat lebih lama berada di tempat tersebut. Biasanya cafe, maupun mini market melakukan strategi tersebut. Mungkin tidak seberapa hasil penjualan per orang, namun dengan adanya WiFi gratis tersebut, memancing banyak orang untuk datang.

Kemajuan teknologi memang memaksa orang untuk lebih kreatif agar pengeluarannya tidak membengkak. Salah satu cara yang dilakukan mungkin memanfaatkan media WiFi gratis tersebut. Tak ada salahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver