Problematika Blogger; Dari Mulai Koneksi Internet Hingga Kehabisan Ide

Menulis blog merupakan hobi yang menyenangkan. Dengan menulis, kita memiliki sarana mengungkapkan perasaan, ide dan opini terhadap apapun yang diminati. Beda dengan menulis di media massa yang sulit untuk diterbitkan, blog merupakan media yang lebih bebas. Beberapa bahkan mendapatkan keuntungan finansial dari menulis di blog.
Namun, seperti halnya kegiatan yang lain, menulis tidak semudah yang dibayangkan. Rasa malas, dan kekurangan ide sering mewarnai kegiatan meanulis di blog. Belum lagi faktor eksternal seperti suasana yang kurang mendukung, serta sarana yang terbatas.
Sebaiknya Tulis Secara Offline
Salah satu kendala dalam menulis blog banyak terjadi saat menulis langsung secara online. Gangguan-gangguan yang terjadi antara lain, godaan untuk mainkan game online dan melihat-lihat sosial media. Alasan awal mungkin berharap mendapatkan inspirasi dalam menulis. Namun, alih-alih mendapatkan inspirasi yang diinginkan, banyak blogger justru terjebak dengan terlalu asyik bermain game online ataupun menjelajah media sosial.
Sebaiknya, saat online fokuskan benar-benar dalam menjelajah internet untuk mencari referensi pun inspirasi dalam menulis. Manfaatkan fasilitas save as page hingga kita bisa membacanya secara lebih detil tanpa gangguan. Bisa juga menyimpan poin-poin yang penting ke aplikasi office hingga dapat dengan mudah kita jadikan referensi saat menulis. Dan yang utama, sebaliknya tulislah posting blog secara offline. Setelah referensi-referensi dan mendapatkan inspirasi, ada baiknya kita tulis postingan di blog secara offline. Hal ini dimaksudkan agar kita lebih fokus menulis dan tidak "tegoda" untuk menjelajahi internet dikala menulis.
Segera Catat Point Saat Muncul Sebuah Ide. Maksimalkan Smartphone
Gagasan ataupun ide, terkadang muncul di saat yang tidak terduga. Saat sedang jalan-jalan misalnya, muncul sebuah pemikiran dalam menulis. Manfaatkan ponsel pintar Anda sebagai solusi. Catat point-point penting sebuah gagasan yang mungkin akan disampaikan dalam tulisan blog saat itu juga. Tak perlu banyak berpikir, catat saja, masalah nantinya point-point tersebut akan kita sampaikan dalam tulisan atau tidak, itu masalah nanti saat menulis. Ide atau gagasan yang muncul tersebut pun terkadang bisa berupa sebuah gambar atau pemandangan. Bisa dimanfaatkan aplikasi foto ponsel dengan memotretnya, sebanyak mungkin. Detail gambar-gambar tersebut nantinya bisa kita perhatikan hingga mungkin saja akan memperkaya tulisan kita.
Tulis Saja
Terkadang, problematika para blogger adalah merasa tulisannya tidak bermanfaat atau mungkin tidak menarik. Sebaiknya buang jauh-jauh pikiran ini. Tulisan di blog adalah bebas, asal tidak melanggar. Selama tidak menyinggung pihak lain dan tidak dilandasi kebencian, maka tak ada salahnya mem-publish tulisan tersebut. Masalah siapa dan berapa orang mengapresiasi tulisan kita, itu soal lain.
Jadikan Sebagai Hobi
Bila ngeblog menjadi sebuah hobi, tentunya kita nyaman dalam menulis. Tak ada tekanan dalam menuliskan pikiran ataupun gagasan kita. Dengan menulis secara menyenangkan tentunya ngeblog tak akan menjadi beban, justru bisa me-refresh pikiran kita. Bila setiap pemikiran hanya tersimpan di otak tanpa kita aplikasikan ke tulisan, maka percuma saja dan justru hanya menjadi beban, maka lampiaskanlah ke dalam sebuah postingan blog.
Apresiasi Sendiri Tulisan Anda
Apapun isi dan hasil, tulisan blog merupakan prestasi dan karya hasil pikiran kita. Apresiasi dan banggalah atas hasil tulisan kita. Tulisan menandakan kita berpikir, dan merupakan karya yang mungkin tidak semua orang dapat menghasilkannya. Apresiasi hal itu, karena dengan bangga terhadap hasi tulisan, maka kita tentunya akan semakin termotivasi dalam belajar menulis dan ngeblog.
Hargai Karya Orang Lain
Setiap karya orang haruslah dihargai. Janganlah menjadi blogger yang hanya mengandalkan hasil copy-paste karya orang lain. Plagiarisme dan pembajakan tulisan orang lain adalah hal yang tidak dibenarkan. Cobalah untuk selalu menulis blog dengan pikiran kita sendiri. Namun, bila terpaksa harus mengutip ataupun menjiplak tulisan orang, lebih baik sampaikan sumbernya. Sampaikan dengan jelas bahwa tulisan tersebut bukanlah karya kita. Hal itu lebih terhormat dan etis dibandingkan dengan orang yang asal menulis meski hanya bermodal copy-paste.
Rajin Berkunjung ke Blog Lain
Dalam mencari sebuah inspirasi dan ide gagasan sebuah tulisan, ada baiknya kita sering-sering mengunjungi blog-blog yang menurut kita inspiratif. Dengan melakukan blogwalking, selain bisa menambah pengetahuan dan inspirasi, juga akan lebih memotivasi kita dalam menulis. Dan ada baiknya kita bergabung di sebuah komunitas blog yang saat ini mulai banyak macamnya, hingga bisa saling berinteraksi dan bertukar pikiran.
Menulis di blog harusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Menjadi seorang blogger bukanlah sebuah keharusan, namun sebuah pilihan. Pilihan untuk mengisi waktu dengan menulis sesuatu yang mungkin saja bermanfaat bagi orang lain. Tak perlu ragu lagi dalam menulis sebuah blog. Inspirasi tentunya akan senantiasa mengalir, dan tugas kitalah merangkainya menjadi kata-kata. Setiap hal bisa saja menjadi inspirasi dan tema tulisan. Bahkan tulisan ini saya buat saat saya merasa tidak memiliki ide untuk menulis sebuah postingan. Hehehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver