Kehebatan Sebuah Ponsel

Tahun 2005 adalah untuk pertama kalinya saya memiliki ponsel sendiri. Meskipun pada saat itu saya hanya mampu membeli sebuah ponsel bekas, namun tetap memiliki kebanggan tersendiri. Waktu itu, ponsel sudah bukan lagi menjadi barang yang langka. Sudah banyak yang memiliki, meski patut diakui, harganya masih terbilang tinggi.

Saat pertama kali memiliki ponsel tersebut, bukan berarti saya bebas untuk berkomunikasi. Maklum saja, saat itu saya masih berstatus mahasiswa. Tarif telepon dan SMS (yang ponsel saya hanya mampu lakukan) masih begitu mahal. Jadi, saya agak menghemat dengan jarang telepon ataupun mengirim SMS jika kurang begitu penting.

Fungsi dasar sebuah ponsel adalah telepon dan SMS. Ponsel merupakan salah satu revolusi dalam teknologi telekomunikasi. Dulu, mobilitas orang dalam berkomunikasi jarak jauh amat terbatas. Pemilik telepon rumah (kabel) pun hanya segelintir orang dan menyentuh kalangan terbatas. Dengan hadirnya telepon seluler, mobilitas orang berkomunikasi makin luas. Kapanpun dan dimanapun, selama orang masih memegang ponsel, akan lebih mudah dihubungi.

Jaman makin berkembang, pun dengan ponsel. Kini, harga dan tarif komunikasi makin murah. Biaya telepon dan SMS sudah tak semahal dulu. Orang sudah tidak terlalu banyak berpikir kala mengirim telepon dan SMS. Bahkan fungsi sebuah telepon pun makin berkembang.

Ponsel kini makin hebat. Ponsel tak lagi hanya mengandalkan telepon dan SMS sebagai fungsi dasar yang bertahun-tahun lalu menjadi andalan, kini pun makin tenggelam dengan fitur baru. Kolaborasi dengan internet menjadikan ponsel makin hebat.

Kini, orang makin jarang menggunakan fitur dasar sebuah ponsel. Telepon dan SMS makin terpinggirkan. Bukan karena biayanya makin mahal. Bukan pula karena tak lagi dibutuhkan. Kini internet mendominasi. Berkirim pesan ataupun telepon kini bisa menggunakan teknologi internet yang dirasa lebih murah dan mudah. Tak heran fitur "internet messaging" kini lebih disukai pengguna ponsel daripada telepon dan SMS. Dan semua ini tak akan terhenti sampai disini, seiring perkembangan jaman, kehebatan ponsel yang lain akan menyusul muncul.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver