Ponsel Update

Ponsel apa yang sedang Anda pakai? Bila membeli baru-baru ini, tentunya ponsel pintar Anda memiliki software maupun Operating System (OS) yang terbaru. Katakanlah apabila Anda menggunakan Android, ada kemungkinan OS Anda kali mungkin Lollipop ataupun Marshmallow, dan bahkan mungkin juga Android Nougat. Benar, para produsen ponsel saling mengembangkan teknologi ponsel yang mereka lepas ke pasaran. Software ataupun OS senantiasa diperbarui dan dikembangkan dengan alasan tetap mendapatkan performa yang optimal.

Bagi ponsel dengan kategori flagship ataupun unggulan tentunya tidak terlalu masalah dengan "kebijakan" produsen ponsel ini. Mereka senantiasa mendapatkan update kapanpun sudah siap diluncurkan. Jadi, performa ponsel yang dimiliki senantiasa diperhatikan. Namun, bagi beberapa ponsel dengan kelas di bawahnya, keterbatasan hardware mungkin menjadi kendala sehingga tidak mendapatkan update layaknya ponsel flagship.

Saya sendiri masih menggunakan ponsel Android dengan OS KitKat. Lumayan lama, mengingat sudah ada tiga update terbaru. Namun saya masih cukup beruntung, spesifikasi KitKat masih kompatible dengan beberapa aplikasi. Berbeda dengan ponsel-ponsel dengan OS yang lebih lama. Banyak aplikasi yang tidak mendukung OS tersebut. Sebagai pengembang aplikasi tentunya akan memilih untuk membuat dukungan aplikasi terbaru dan populer.

Nasib pemilik ponsel lama yang tidak lagi mampu mendapatkan update cukup dilematis. Di satu sisi mungkin mereka masih nyaman menggunakan ponsel tersebut, di sisi lain ponselnya sudah begitu banyak tertinggal. Terus bagaimana ponsel yang seperti ini? Dipakai sudah tidak terlalu optimal, dan ketika dibuang hanya akan menjadi sampah logam.

Inilah yang menjadi salah satu penyebab mudahnya orang berganti ponsel. Aplikasi-aplikasi senantiasa harus diperbarui guna mensupport OS terbaru yang ada. Toh juga update yang dilakukan dapat memperbaiki kelemahan yang mungkin mengganggu kinerja ponsel itu sendiri. Hanya saja, bila uodate terlalu berfokus ke ponsel kelas atas, maka umur penggunaan ponsel pintar saat ini akan semakin sedikit. Sangat disayangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver