Disconnect

Kemarin saya sempat begitu stres. Bukan masalah penting sebenarnya, saya sedikit merasa stres saat tiba-tiba koneksi internet di ponsel saya terputus. Saya sudah coba beberapa kali restart, berganti SIM Card, hingga menghubungi customer service operator. Namun hasilnya masih nihil hingga beberapa jam.
 
Mungkin beberapa orang merasakan hal yang sama seperti saya. Koneksi internet kini menjadi sebuah hal pokok yang penting bagi setiap orang. Di era digital seperti saat ini, koneksi internet wajib perlu ada setiap saat. Dan akan begitu merasa kehilangan saat koneksi terputus.

Begitu pentingnya internet pada kehidupan sehari-hari berkat kemajuan teknologi. Hadirnya ponsel pintar makin memperkuat peran internet dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai pekerjaan kini memerlukan koneksi internet. Dan tak hanya lewat komputer, namun juga bisa melalui ponsel. Saat sedang di jalan, ngopi di cafe sekalipun pekerjaan tetap bisa dilakukan.

Menimbulkan Kecanduan

Dengan makin meningkatnya intensitas penggunaan internet sehari-hari, menyebabkan penggunanya menjadi kecanduan. Begitu pentingnya internet untuk pekerjaan dan juga hiburan menyebabkannya sebagai hal yang harus ada setiap harinya.

Dengan meningkatnya penggunaan internet, disadari ataupun tidak ikut berpengaruh pada kondisi emosional seseorang. Seperti saya kemarin, koneksi internet berpengaruh pada suasana hati (mood) seseorang. 

Penggunaan internet yang berlebihan turut mempengaruhi emosi seseorang. Misalnya saja dalam berinteraksi melalui media sosial. Membaca informasi yang menyenangkan bisa turut membuat suasana hati menjadi menyenangkan. Berbeda saat sedang berdebat ataupu bully di media sosial, kadang ikut berpengaruh pada emosi secara nyata.

Masalah yang terjadi pada koneksi internet juga berpengaruh. Misalnya saja seperti yang saya alami kemarin. Saat internet terputus menyebabkan saya begitu stres. Merasa kesulitan untuk berkomunikasi. Padahal bisa dilakukan juga melalui telepon dan sms. Tapi itulah internet. Saat kecanduan, emosi turut dibawa menyebabkan sulit untuk berpikir secara tenang.

Pentingnya penggunaan internet pada kehidupan sehari-hari perlu dikendalikan meski sulit. Konsumsi internet sebaiknya jangan terlalu berpengaruh pada emosional. Sebaliknya pula, saat sedang emosional hendaknya jangan dulu menggunakan internet. Keduanya berbahaya. 

Saat ada gangguan di internet, dan menanggapinya secara emosi bisa menyebabkan memburuknya suasana hati. Dan sebaliknya saat emosi mendominasi, jangan menggunakan internet. Bisa-bisa saat menumpahkannya ke media sosial misalnya, akan berdampak buruk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver