Mereduksi Jurang Perbedaan Teknologi

Penetrasi teknologi 4G LTE semakin dipromosikan oleh hampir semua operator. Mereka saling berlomba merebut hati para konsumennya untuk beralih dari teknologi 2G dan 3G ke 4G yang diklaim lebih cepat. Beberapa kota besar beruntung bisa lebih dulu mencicipinya.

Di fakta lain, Jakarta menjadi kota paling riuh di jagat Twitter. Jakarta menjadi kota dengan pengguna paling banyak dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Untuk beragam fasilitas dan perkembangan teknologi ini pun lebih lengkap dibanding kota lain. 

Sebagai ibukota negara, mungkin wajar Jakarta lebih maju dibandingkan dengan kota lain. Hanya saja, setiap warga negara pada dasarnya memiliki hak yang sama untuk menikmati setiap perkembangan teknologi. Tak peduli dimana dia tinggal.

Masalah utama kini adalah adanya jurang pemisah kesempatan menikmati teknologi antara kota besar dan daerah. Jangankan teknologi 4G yang diklaim lebih cepat, untuk bisa mendapatkan sinyal saja mungkin pengguna di daerah terpencil juga kesulitan mendapatkannya.

Daerah-daerah terpencil di Indonesia bisa saja merasa di-"anak tirikan". Jangkan sinyal 4G, sinyal 2G saja mungkin tidak stabil mereka nikmati. Dan masih ada beberapa daerah yang hanya dimonopoli oleh satu operator saja.

Pemerintah perlu ikut campur tangan menanganinya. Infrastruktur teknologi di daerah perlu segera kembali dipikirkan. Masyarakat Indonesia menyebar dari Sabang hingga Merauke, dan akan menimbulkan kecemburuan sosial jika pembangunan khususnya infrastruktur hanya difokuskan di kota-kota besar saja.

Teknologi, pada khususnya internet begitu mendominasi kehidupan saat ini. Penggunaan teknologi yang penting ini sebaiknya bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh segenap pengguna dimanapun berada.

Tak hanya kota besar, daerah pun membutuhkan jaringan internet. Begitu berharga dan pentingnya penggunaan internet menjadi kebutuhan penting saat ini. Pembangunan jaringan serta infrastruktur hendaknya merata di setiap daerah, hingga jurang pemisah penggunaan teknologi ini tak begitu menganga lebar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver