Konsumsi Data di Era Digital

Di era serba canggih saat ini, penggunaan internet makin mendominasi kehidupan. Internet begitu memasuki sendi kehidupan. Di setiap kesempatan baik untuk bekerja maupun hal yang kurang serius macam hiburan saat ini menggunakan koneksi internet.

Penggunaan data pun semakin besar konsumsinya dibanding sebelumnya. Dulu mungkin operator seluler mengandalkan telepon dan SMS sebagai pemasukan utama. Namun saat ini, internet menjadi target utama.

Evolusi penggunaan ponsel yang sebelumnya hanya untuk telepon serta berkirim pesan telah berubah menjadi alat yang serba bisa. Dari sekedar hanya sebagai fitur pelengkap, internet di ponsel kini menjadi hal wajib untuk dimiliki.

Seiring dengan perkembangan zaman serba canggih, ponsel pun semakin berkembang. Orang saat ini menginginkan untuk senantiasa "terhubung" dan bekerja di manapun serta kapanpun.

Dulu sebelumnya mungkin ponsel hanya menjadi alat komunikasi yang memudahkan seseorang untuk dihubungi. Berbeda dengan telepon kabel, ponsel menjadi alat komunikasi yang fleksibel digunakan di manapun.

Kini kemajuan berlanjut dengan pesatnya penggunaan internet. Ponsel pun semakin bisa diandalkan untuk lebih "cerdas". Tak hanya berkirim email, dan browsing semata. Orang kini membutuhkan kuota data tak hanya untuk hal-hal remeh seperti itu. Konsumsi data kini makin besar.

Saat dulu mungkin orang berpikir untuk menggunakan internet sebagai media berkirim email, browsing dan chatting semata. Namun, konsumsi data kini makin berkembang. Tak hanya hal-hal kecil, orang kini menggunakan internet untuk streaming video, musik dan juga bermain game online. Sesuatu yang mungkin 10 tahun yang lalu hanya bisa dilakukan melalui komputer.

Internet berevolusi, makin cepat dan makin berpengaruh. Internet tak lagi hanya menjadi media yang menyediakan bahan jiplakan siswa mengerjakan tugas. Internet tak lagi hanya sebagai media berkirim email orang kantoran. Internet lebih dari itu. Dan mungkin akan semakin berkembang dan semakin berpengaruh pada kehidupan umat manusia.

Internet telah menjadi bagian sebuah era digital. Era dimana masing-masing orang saling terhubung. Internet telah menjadi media orang berinteraksi melalui media sosial, berkirim teks, gambar dan file lebih mudah dengan messenger. Bahkan internet kini bisa menjadi sarana menghibur diri. 

Internet tak lagi berisi hal-hal yang terlalu serius. Internet bisa lebih menyenangkan. Menghibur diri dengan musik dan video misalnya. Atau berkompetisi melalui game online yang banyak macamnya. Bahkan saling becanda dan berbagi melalui media sosial.

Internet memang mengubah dunia. Mengubah kebutuhan manusia menjadi lebih berkembang. Internet kini menjadi sebuah kebutuhan. Konsumsi data pun membengkak, pun dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhinya. Internet mengubah dunia lebih berwarna, hingga rasanya hambar jika tak terhubung dengan internet.

Internet pula menjadikan manusia makin kreatif. Internet merupakan gudang beragam informasi. Dengan referensi yang begitu banyaknya, internet mengubah dunia dan orang-orang menjadi mudah dalam mencari beragam ilmu serta informasi.

Kuncinya tentu adalah pengendalian. Pengendalian dari konsumsi data yang berlebihan. Pengendalian penting hingga konsumsi pengeluaran bisa ditekan serta tidak boros, karena kehidupan tak hanya diperuntukkan untuk internet saja. Pengendalian juga perlu di tengah banjirnya informasi. Banyaknya informasi yang ada di internet kadang perlu dipilah agar efektif. Internet sarana dan media yang tepat untuk memicu sebuah kreativitas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver