Melihat Sebuah Akun Media Sosial

Internet saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Keseharian tak akan terlewat untuk mengakses internet. Media yang digunakan pun beragam, dari mulai komputer, sabak digital (tablet), bahkan ponsel. Kemudahan dalam mengakses internet mengubah era sekarang menjadi jaman digital.

Kepopuleran internet berawal dari trend penggunaan media sosial. Meski fungsi internet tak hanya sebatas mengakses media sosial, hanya saja kebanyakan saat ini orang menggunakan internet untuk saling berinteraksi melalui media sosial.

Media sosial makin populer. Kebanyakan pengguna internet memiliki setidaknya satu akun media sosial. Penggunaan akun media sosial pun memiliki beragam fungsi. Mulai hanya sekedar saling berinteraksi hingga memanfaatkannya untuk berjualan.

Media sosial pun telah menjadi sebuah"properti" pribadi. Kepemilikan akun media sosial, selain mendapatkan hak penggunaannya juga dibarengi dengan kewajiban untuk menjaga akun tersebut.

Akun media sosial bisa saja dimanfaatkan oleh yang tidak berhak. Penyedia layanan media sosial telah berusaha memberikan keamanan bagi penggunanya untuk lebih nyaman mengakses akunnya. Akun media sosial memiliki peran mewakili penggunanya dalam berinteraksi dengan akun yang lain. Setiap posting, tulisan atau apapun yang dia bagi melalui media sosial bisa dianggap itulah yang diucapkan atau dibagi oleh sang pemilik akun. Dengan demikian, saat apa yang dibagi ataupun diposting tersebut dianggap merugikan orang lain maka sang pemilik akun yang bertanggungjawab.

Lantas, saat ini dengan berbagai kejadian kasus peretasan akun dan penyalahgunaan, bagaimana posisi sang pemilik akun sebenarnya? Internet bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Misalnya saja meretas akun orang kemudian menyalahgunakannya untuk sebuah kejahatan. Hal seperti itu bisa terjadi.

Sebagai pemilik akun, memang sebaiknya lebih berpikir untuk mengamankan akun dengan semaksimal mungkin. Layaknya sebuah properti milik pribadi, maka jangan sampai orang yang tidak berkepentingan nyelonong masuk.

Akun media sosial mewakili kita dalam berinteraksi di dunia maya. Media sosial menjadi sarana bagi kita saling berinteraksi, saling berbagi dengan banyak orang.

Media sosial menjadikan komunikasi dengan banyak orang menjadi lebih mudah. Lalu lintas informasi berlalu lalang di linimasa. Setiap orang saling berbagi informasi dan juga perasaan. Ketika memiliki akun maka hak dan tanggungjawab berada di tangannya, bagaimana untuk memanfaatkan serta menjaganya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver