Membangun "Networking" Melalui Media Sosial

Hampir semua orang pengguna internet, memiliki satu atau lebih akun media sosial. Salah satu misalnya Facebook. Jejaring sosial ini menjadi paling populer di muka bumi dengan begitu banyak penggunanya.

Internet telah mengubah paradigma seseorang dalam berinteraksi. Dengan media sosial, orang tak lagi perlu untuk berkumpul ke sebuah tempat untuk berdiskusi dan saling berbagi. Media sosial menjadi tempat untuk melakukan semua itu tanpa bertemu secara fisik.

Membangun Networking

Ketika masih kuliah, seorang dosen bertanya pada saya :"Apa itu organisasi?" Saya hanya menjawab :"Kumpulan orang yang memiliki tujuan sama." Entah jawaban saya benar atau tidak, dosen saya diam tak membahasnya lagi.

Media sosial menurut saya bagian lain dari berorganisasi. Media sosial dapat mengumpulkan orang-orang dengan minat, dan pola pikir yang sama. Dengan ini, media sosial mampu membuat networking sekumpulan orang bervisi sama tersebut.

Media Sosial Tak Hanya Sarana Berkomentar Belaka

Beberapa orang hanya memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan teman yang dikenal. Saling berkomentar pada status, dan foto yang dibagi, serta lain sebagainya. Beberapa orang yang lain menggunakan akun media sosial untuk mencari dan berbagi informasi.

Ada fungsi lain dari media sosial yang sebenarnya jarang digali. Media sosial mampu menjadi sebuah networking untuk saling berbagi dan menciptakan sebuah karya yang mungkin berguna bagi orang lain.

Misalnya saja, dari sebuah tema pertanyaan. Dari pertanyaan tersebut, dengan bantuan media sosial, pengguna saling mengkomentari, berbagi pemikiran, justru menariknya akan muncul sebuah solusi dan mungkin karya yang hebat. Setiap orang memiliki kemampuan dan disiplin ilmu yang berbeda.

Dari sini, media sosial dapat menjembatani untuk membangun networking, berbagi ilmu dan kemampuan. Beberapa orang kadang butuh sesuatu yang kita kuasai. Tak semua orang menguasai hal yang sama. Bentuk sebuah komunitas melalui media sosial bisa jadi cara yang tepat dan efektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver