Internet dan Membangun Sebuah Kreativitas

Awal mungkin tak ada yang menyangka teknologi informasi dan komunikasi seperti ini akan begitu mendominasi saat ini. Ya, setiap harinya hampir semua orang memerlukan koneksi internet dalam beraktivitas. Internet menjangkau segala aspek. Hal tersebut mungkin disebabkan seiring mudahnya akses dibanding beberapa tahun yang lalu.

Internet kini menjadi sarana untuk meng-explore dan melakukan berbagai kegiatan. Internet telah menjadikan pedagang koran lesu, karena lebih update. Internet mungkin juga telah membuat dimensi baru dalam berbelanja seiring dengan booming-nya e-commerce.

Semua orang mungkin mudah tersambung dalam menggunakan internet. Sepanjang bisa terkoneksi, orang bisa saja mengakses internet dimanapun dan kapanpun serta untuk keperluan apapun. Internet tidak didominasi kaum tertentu. Setidaknya beragam aktivitas kini bisa dilakukan seiring dengan pentingnya penggunaan internet dalam kehidupan.

Internet memicu kreativitas. Dengan beragamnya kegiatan yang bisa dilakukan sepanjang terhubung dengan internet, orang semakin cerdas dalam berpikir guna memaksimalkannya. Mulai dari segi hiburan dengan makin menjamurnya permainan game online yang beragam. Orang mulai berpikir untuk berkompetisi dengan banyak orang, bahkan di berbagai belahan dunia. Developer berlomba menciptakan permainan yang menarik.

Industri hiburan melalui internet tak hanya sekedar game online  saja. Dengan Soundcloud, Youtube, Vimeo, Instagram dan lain sebagainya, telah memicu orang untuk menciptakan sebuah karya yang bisa "dibanggakan".

Tunjukkan Kreativitas

Menjamurnya serta populernya media sosial memiliki cerita tersendiri. Media sosial bisa menjadi sebuah galeri pribadi demi memamerkan sebuah karya seseorang. Misal saja foto, dengan adanya instagram, flickr dan aplikasi sejenis, orang dengan mudah menunjukkan karya fotonya ke berbagai penjuru dunia. 

Dulu mungkin kita tidak menyangkan bahwa setiap orang bisa menjadi fotografer dadakan. Dengan perlengkapan seadanya (misalnya kamera ponsel) orang berlomba memamerkan hasil karyanya melalui aplikasi berbagi foto yang terhubung dengan internet. Sekedar foto, namun bila dikelola secara serius, bisa jadi sebuah alat untuk memacu kreativitas.

Beragam alasan orang berbagi di media sosial. Taruhlah sebuah foto di instagram, video youtube, atau mungkin sekedar postingan. Beberapa mungkin menganggap hanya sekedar iseng, hingga memang berniat mencari keuntungan secara materi. Namun media sosial tidak sesempit itu. Media sosial merupakan sebuah alat saling berbagi kreativitas. Di tangan yang tepat, sebuah akun bisa menjadi tempat mengekspresikan diri. Tak berlebihan saya mengatakan hal ini. Banyak artis yang tiba-tiba terkenal setelah mengunggah video di Youtube, dan mungkin beberapa orang jadi bisa dikenal melalui tulisan-tulisannya di media sosial.

Seperti kita maklum bersama pula. Selain sebagai ajang mengekspresikan diri, internet merupakan sebuah "sekolah" tanpa batas. Internet merupakan "gudang ilmu". Bermacam referensi bisa dicari melalui internet. Tak hanya berkaitan dengan hal teknologi semata. Apapun, beberapa orang saling berbagi informasi, serta saling belajar. 

Saya merupakan salah seorang yang percaya bahwa kreativitas tak hanya merupakan bakat dari lahir. Kreativitas merupakan sesuatu yang bisa dilatih. Kreativitas membutuhkan sebuah referensi. Dan bagi saya, referensi tanpa batas di internet adalah salah satu solusi dalam melatih sebuah kreativitas. 

Kata kuncinya adalah kreativitas. Internet bukanlah sebuah alat untuk menjiplak atau "mencuri" karya orang lain. Internet merupakan tempat berbagi, untuk berlomba menciptakan sebuah karya. Hargai kreativitas orang lain, dan maksimalkan saja teknologi ini untuk selalu menemukan hal yang baru. Internet, dunia tanpa batas. Berkreasilah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver