Bijak dan Produktif Menggunakan Ponsel

Gaya hidup digital kini makin populer. Di era tahun 1990an, ponsel merupakan salah satu barang mewah, hanya beberapa orang yang memilikinya. Tarif telepon dan SMS pun kala itu masih terbilang mahal. Dan kala itu memang hanya menawarkan fungsi standar berupa telepon dan SMS. Penggunaan ponsel kala itu lebih pada alat telekomunikasi mobile yang menggantikan peran telepon rumah.

Perkembangan telekomunikasi semakin pesat. Kini, macam ponsel pun lebih variatif. Penggunaan ponsel kini pun tak terbatas sebagai alat telekomunikasi biasa. Ponsel kini menjadi bagian dari gaya hidup digital. Intensitas penggunaan ponsel pun meningkat, dari mulai bangun tidur hingga larut malam, bahkan di toilet pun ponsel masih tetap ada dalam genggaman.

Alat Pengatur Waktu

Hampir semua ponsel memiliki gitu alarm dan agenda. Tak perlu ponsel pintar (smartphone), ponsel biasa pun dapat digunakan mengatur waktu agar lebih teratur. Fitur alarm bisa digunakan untuk lebih teratur dan disiplin dalam mengatur waktu. Manfaatkan semaksimal mungkin fitur ini. Pasang alarm daru mulai waktu bangun tidur dan juga hal-hal penting lainnya. Pada smartphone juga tersedia banyak aplikasi alarm waktu sholat. 

Tentunya fitur alarm ini menjadi salah satu fungsi pada ponsel guna menjadi pribadi yang lebih teratur. Dengan fitur alarm ini pula, terkadang mengingatkan kita kala ada janji penting dengan orang lain dan rencana-rencana kegiatan lainnya.

Mencatat Hal-Hal Penting

Memori ataupun ingatan orang tentunya terbatas. Terkadang lupa hal-hal yang terbilang penting. Misalnya saja materi pekerjaan, nomor telepon, ataupun hal-hal remeh semacam tempat parkir dan lain sebagainya. Sebenarnya ponsel bisa digunakan sebagai solusi pemecahan hal tersebut. 

Mencatat yang saya maksud bisa berbentuk apapun, tidak terbatas hanya berupa tulisan, namun juga rekaman suara, video atau mungkin gambar. Semua itu bisa lebih praktis bila memanfaatkan ponsel. Materi saat rapat, seminar atau pertemuan bisa kita catat dalam bentuk tulisan, ataupun video dan suara, sehingga suatu saat dapat di-review kembali. Jadi, setelah ada ponsel, kenapa harus terlalu mengandalkan ingatan kita semata yang sangat terbatas?

Beberapa tempat khususnya di Jakarta, banyak gedung-gedung yang memiliki lahan parkir luas. Terkadang dengan luasnya lahan parkir tersebut, terkadang lupa tempat saat memarkir kendaraan. Padahal di setiap tempat parkir terdapat kode untuk membantu menunjukkan tepatnya kendaraan tersebut berada. Akan tetapi, kadang saat mengandalkan ingatan saja, kode parkir ini pun lupa, sehingga kesulitan saat mencai kendaraan. Dengan ponsel berkamera, sebenarnya masalah ini bisa diatasi. Tak perlu kamera dengan resolusi tinggi. Yang penting  gambar terlihat cukup jelas. Potret kode tempat parkir kendaraan, dan kala ingin ke tempat tersebut, kita tinggal melihat kembali gambar yang telah kita ambil tadi.

Aplikasi Bekerja di Manapun

Seperti kita maklum bersama, perkembangan teknologi berjalan semakin pesat. Ponsel kini tak hanya sebagai alat komunikasi semata. Kini, ponsel pun bisa menggantikan peran komputer. Ponsel bisa menjadi alat yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Dengan ponsel, pekerjaan tak hanya terbatas dilakukan di kantor semata.

Misalnya saja, aplikasi Office dan E-Mail, yang rata-rata ponsel pintar memilikinya. Melihat kembali dokumen pekerjaan untuk diedit, ataupun berkirim dokumen via E-Mail kini dapat dilakukan menggunakan ponsel. Produktifitas pekerjaan bisa meningkat ketika ponsel dapat dimanfaatkan secara maksimal karena pekerjaan dapat dilakukan di manapun.

Menggunakan Media Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial. Manusia memiliki kebutuhan untuk bersosial, saling berinteraksi satu sama lain. Hadirnya media sosial menjadi jembatan pemenuhan kebutuhan ini. Dengan media sosial, jarak geografis tak lagi menjadi masalah.

Media sosial menjadi bagian dari gaya hidup digital saat ini. Hampir setiap orang memiliki dan aktif di media sosial. Media sosial telah menjadi tempat berbagi apapun, sehingga penggunanya pun makin berkembang. Hanya saja, sebaiknya memaksimalkan media sosial untuk hal-hal positif sehingga tidak mengganggu produktivitas kerja. Karena media sosial haruslah menyenangkan.

Internet, Sumber Informasi

Ponsel saat ini dapat digunakan untuk mencari informasi karena terhubung melalui internet. Saat ini, internet merupakan sumber informasi utama. Hampir semua hal bisa dicari melalui internet. Dalam mencari informasi apapun, internet selalu siap sedia menjadi rujukan. Jadi, sudah tidak jamannya lagi menjadi pribadi yang kurang update dengan situasi terkini. 

Peta Digital 

Penggunaan GPS maupun peta digital di ponsel sungguh sangat membantu. Mungkin ada ungkapan, malu bertanya sesat di jalan. Namun kini, dengan bantuan GPS serta peta pada ponsel, seseorang lebih nyaman dan mudah dalam mencari tempat yang diinginkan. Bahkan, dari sisi keakuratan, tampaknya peta digital bisa diandalkan daripada bertanya pada orang yang belum kita kenal.

Ponsel kini merupakan alat memudahkan segala urusan manusia. Akan tetapi, setiap penggunaan sesuatu tentunya haruslah bijak dan dikendalikan. Ponsel mampu membantu kita lebih produktif dalam keseharian dan pekerjaan. Namun, seperti pisau bermata dua, bila terlalu kebablasan, ponsel justru menyita waktu produktivitas dan juga waktu untuk beristirahat. Lebih bijak dalam menggunakan adalah kuncinya. Ponsel merupakan benda yang kita miliki, sehingga kitalah yang mengendalikannya, bukan sebaliknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver