Setuju Pembajakan?

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadikan kehidupan saat ini memasuki sebuah era digital. Semua hal saling terhubung dengan internet. Pun dengan media sosial yang semakin hari semakin populer, menjadikan orang memiliki kegemaran untuk saling berbagi apapun dengan banyak orang.
Setiap orang, menghasilkan berbagai karya untuk dibagikan di internet. Misalnya film, musik, tulisan dan foto banyak kita temui dan beterbaran di internet. Semua itupun lebih mudah diunduh dan dijadikan koleksi. Situs download lagu misalnya, memiliki ribuan koleksi yang siap diunduh. Dari mulai yang berbayar bahkan beberapa menawarkannya secara gratis. Untuk yang berbayar, mungkin kita tak perlu untuk memikirkan. Sebuah karya memang layak untuk dihargai dengan membayar dengan harga tertentu. Namun bagaimana dengan yang gratisan dan asal copy-paste?
Apapun karya yang dihasilkan oleh seseorang, apapun bentuknya merupakan akumulasi dari pemikiran dan kerja keras. Karya yang dihasilkan dengan keringat dan mungkin dengan mengeluarkan sejumlah materi. Rasanya tidak adil jika karya yang dihasilkan dengan perngorbanan seperti itu dijiplak atau dibajak begitu saja.
Berbagai karya seperti musik dan film berharga cukup mahal di pasaran. Mungkin ini menjadi salah satu faktor bagaimana pembajakan menjadi menjamur. Masyarakat, apalagi kalangan menengah kebawah membutuhkan hiburan yang murah dan terjangkau. Untuk itu, mereka memilih membeli DVD ataupu download file-file bajakan daripada yang original. Namun, kembali ke problema awal, musik dan film tersebut tidak dihasilkan dengan waktu yang cepat dan harga yang murah. Ada sebuah pengorbanan dalam produksinya.
Solusi yang bisa digunakan di era saat ini dalam menjembatani masalah di atas salah satunya dengan teknologi streaming. Berbagai situs menyediakan streaming lagu dan film, dari yang gratis dan berbayar. Sekarang kita mengenal situs dan aplikasi semacam Soundcloud, YouTube dan Netflix yang menawarkan cara menikmati musik dan film secara streaming. Cara ini mungkin tidak 100% bisa mengatasi pembajakan, karena menurut saya semua itu tidak dapat dihilangkan selama masih ada permintaan (demand) dari masyarakat. Jerat hukum pun tidak bisa menyentuh semua pembajak.
Perlunya Penghargaan Karya Orang Lain
Dalam membuat sebuah tulisan, orang tentunya berpikir keras dalam menulis. Bahkan, beberapa tulisan memerlukan sebuah riset yang panjang dan tidak sebentar. Sebuah paper, artikel, pun jurnal merupakan karya ilmiah yang harusnya dihargai sebagai sebuah ilmu. Hanya saja kebebasan di internet yang makin berkembang membuat penghargaan pada karya seperti ini makin memudar.
Sekarang ini, sungguh bukan hal aneh bila siswa ataupun mahasiswa mendapat tugas untuk membuat sebuah karya tulis. Karya tulis pun bisa berasal dari sumber manapun dan juga melakukan riset. Maksud pemberian tugas tersebut bisa jadi sebenarnya merangsang siswa ataupun mahasiswa untuk berpikir dan kreatif dalam menciptakan sebuah tulisan.
Akan tetapi, karena bebasnya dunia maya, menjadikan orang dengan bebas untuk menjiplak ataupun mengklaim tulisan orang lain menjadi seolah sebuah karya yang dia hasilkan. Dalam mengerjakan tugas di atas misalnya, siswa bisa dengan mudah dan seenaknya meng-copy tulisan dan karya orang lain ke dalam tugasnya agar lebih mudah dalam menjawab mengerjakan tugas. Meski tulisan-tulisan tersebut mungkin tidak memiliki hak cipta namun itu masihlah sebuah karya yang seharusnya dihargai.
Mungkin mudah bagi kita menjiplak tulisan ataupun sebuah karya yang dibagi di internet. Ya, hal tersebut bisa mudah dilakukan, semudah mengklik kanan adan memilih kata Copy dan Paste. Namun, sang penulis ataupun pemilik karya hendaknya ikut pula diapresiasi. Minimal sampaikan saja sumber tulisan ataupun gambar yang kita jadikan refensi. Agar orang tahu kemana dia menyampaikan apresiasinya dan orang yang menciptakan karya tersebut patut mendapatkan sebuah penghargaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver