Keunggulan "Ponsel Jadul" Dibanding Smartphone

Saat ini, ponsel pintar menjadi sebuah trend. Ponsel yang dikenal dengan smartphone kini menemani penggunanya setiap hari. Trend telepon seluler memang berkembang. Dulu, ponsel hanya berfungsi sebagai alat komunikasi melalui telepon dan pesan saja. Sementara sekarang, ponsel pintar lebih seperti komputer dalam genggaman. Tak hanya telepon dan sms, browsing via internet pun bisa dilakukan. Namun, ternyata smartphone juga memiliki beberapa kekurangan dibanding ponsel keluaran lama. Feature Phone masih memiliki penggemar tersendiri dibalik keunggulan-keunggulannya.
Ketahanan Baterai
Baterai yang kuat merupakan sesuatu yang paling diandalkan oleh ponsel biasa. Karena hanya diperuntukkan untuk telepon dan SMS, ponsel jadul ini memiliki ketahanan baterai yang kuat, bahkan mungkin bisa berhari-hari. Berbeda dengan smartphone, yang sehari-hari terhubung internet dan menjalankan program yang terbilang berat, meski dibekali baterai dengan kapasitas besar, namun ketahanannya hanya beberapa jam saja. Sangat jarang smartphone yang tahan hingga sehari penuh. Karena itulah, pengguna smartphone sering pula melengkapi dengan powerbank. Sehingga, bisa dikatakan menggunakan ponsel pintar ini juga terbilang kurang praktis.
Tangguh
Jaman dulu, di era ponsel jadul berkembang, penggunaannya lebih tahan dalam segala kondisi. Saya masih ingat, sekitar tahun 2008, ketika memiliki Nokia 2100 sempat kehujanan. Untuk beberapa saat, setelah terkena air, ponsel agak susah untuk digunakan. Namun, setelah kering, ponsel kembali dapat digunakan dengan normal. Berbeda dengan smartphone yang lebih rentan. Bila terkena air, maka akan terjadi konsleting listrik yang bisa berakibat ponsel tidak bisa lagi digunakan. Memang ada ponsel yang bisa tahan air, namun rata-rata smartphone masih terbilang rentan rusak bila terkena air.
Ponsel jadul pun yang terbilang lebih mudah dalam perawatan. Berbeda dengan smartphone yang membutuhkan anti gores, capdase dan segala macam assesories. Feature phone dalam keseharian tidak memerlukan semua itu.
Harga Lebih Murah
Feature Phone di era sekarang memiliki harga yang terbilang murah dibanding smartphone. Karena hanya berfungsi dasar dan sederhana, ponsel-ponsel ini dijual seharga kurang dari Rp. 1 juta di pasaran, bahkan hanya seharga ratusan ribu rupiah. Dibandingkan dengan harga smartphone yang berkali-kali lipat, feature phone lebih hemat dan terjangkau bahkan untuk kelas menengah ke bawah sekalipun.
Penggunaan Lebih Mudah
Ponsel biasa dengan keypad alfa-numerik yang telah akrab dengan penggunanya, menjadikannya lebih mudah digunakan daripada ponsel layar sentuh yang saat ini sedang ngetrend. Penggunaan keypad dan fitur-fitur di dalamnya pun lebih mudah. Bagi yang sudah berumur, menggunakan ponsel ini untuk beraktivitas lebih mudah dibanding smartphone.
Masing-masing ponsel yang biasa hingga canggih memiliki sasaran dan segmen pasar tersendiri. Smartphone memang saat ini lebih banyak penggunannya, mendominasi pasar, dan membantu aktivitas harian. Namun, penggunaan feature phone tak bisa diabaikan begitu saja. Pengguna ponsel jadul ini masih ada. Beberapa kalangan merasa lebih baik memaksimalkan fitur yang ada daripada menuruti gengsi membeli ponsel pintar yang belum tentu dimaksimalkan secara efektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver