Fungsi Sebuah Ponsel Pintar

Katanya ponsel pintar mengakomodir segenap kebutuhan penggunanya. Saking intensnya penggunaan ponsel pintar dewasa ini, menjadikan setiap orang merasa wajib untuk memilikinya. Perkembangan ponsel pintar tak lepas dari semakin meningkatnya penggunaan internet dalam setiap kebutuhan. Beragam keperluan saat ini bersinggungan dengan kebutuhan internet. Dan syukurnya, ponsel pintar mampu mengakomodirnya dengan baik.

Browsing

Kebutuhan paling dasar dalam menggunakan internet. Browser menjadi alat utama dalam menjelajah internet. Browser mengakomodir beragam kebutuhan dalam berselancar di internet tanpa bergantung aplikasi. Meski tidak sesempurna aplikasi asli, namun setidaknya browser mampu membuka beragam website semisal media sosial seperti facebook.com dan juga twitter.com.

Beberapa tahun yang lalu, penggunaan internet hampir semua dilakukan melalui browser. Kala itu, menggunakan internet hanya terbatas pada komputer. Kalaupun ada yang bisa diakses melalui ponsel, juga sangat tergantung pada hadirnya browser. Seiring perkembangan ponsel pintar yang terdiri dari beragam aplikasi, penggunaan browser tidak begitu saja ditinggalkan.

Chatting

Menurut saya, penggunaan ponsel pintar saat ini kebanyakan digunakan untuk melakukan chatting. Dulu, fungsi ponsel dasar adalah untuk telepon dan perpesanan (SMS & MMS). Kedua fungsi tersebut saat ini bisa digantikan oleh aplikasi ponsel.

Penggunaan aplikasi chatting dengan paket data dinilai lebih hemat dan efektif dibanding harus telepon dan SMS yang boros pulsa. Mengirim teks, gambar, bahkan panggilan dan pesan suara saat ini dapat diakomodir melalui aplikasi chatting.

Chatting saat ini menjadi salah satu alasan orang menggunakan ponsel pintar. Seperti apapun ponsel pintar yang dimiliki, aplikasi chatting ini selalu wajib ada dan tidak pernah absen. Sebenarnya chatting melalui internet sudah ada dari lama. MIRC, Yahoo Messenger, Skype, serta ICQ sudah ada dari dulu, dan sekarang aplikasi chatting populer macam BBM, WhatsApp, dan lain sebagainya mengambil tongkat estafet kepopulerannya.

Office

Office dulunya merupakan salah satu fitur andalan komputer untuk bekerja. Komputer tidak akan populer tanpa aplikasi office. Microsoft pun menjadikan aplikasi Officenya sebagai salah satu andalan. Office digunakan untuk bekerja dengan cara membuat serta mengedit dokumen.

Kini, fungsi tersebut bisa digunakan di ponsel pintar. Aplikasi office telah membantu penggunanya lebih fleksibel bekerja dimanapun. Dengan ponsel pintar, bekerja dirasa lebih praktis. Office serta fitur komunikasi telah tersedia di ponsel pintar, belum lagi bisa memanfaatkan penyimpanan awan. Bekerja jadi lebih mudah dengan adanya ponsel pintar.

Game

Saya sebenarnya jarang bermain game di ponsel. Namun beberapa orang sangat "kecanduan" bahkan menjadikan bermain di ponsel sebagai sumber penghasilan. Ponsel pintar memang telah mengakomodir kebutuhan para gamers. Namun, untuk game dengan grafis tinggi tentu saja diperlukan ponsel pintar spesifikasi yang tinggi. Ini tentu menjadi salah satu kelemahan yang tentu juga harus dipikirkan.

Kebutuhan akan ponsel pintar menjadi sesuatu yang harus wajib dimiliki saat ini. Ponsel pintar merupakan perangkat yang sepertinya paling penting saat ini. Dan sebuah hal yang biasa kala ponsel pintar membantu beragam kebutuhannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver