Privasi dan Ponsel

Belakangan ini penggunaan aplikasi perpesanan semacam WhatsApp semakin trend, dan fungsi penggunaannya pun semakin beragam. WhatsApp dapat digunakan untuk keperluan pribadi ataupun bisnis. Salah satu fitur WhatsApp yang belakangan makin populer adalah WhatsApp grup. Mungkin aplikasi lainnya memiliki fitur ini pula, namun menurut saya fitur grup di WhatsApp memiliki keunikan tersendiri.

"Tempat" Rapat yang Tepat

Beragam penggunaan WhatsApp grup, seperti untuk teman sepermainan, alumni sekolah, bahkan untuk sebuah perusahaan. WhatsApp grup menjadi sangat populer salah satunya juga karena beberapa perusahaan memilih menggunakan sarana ini karena dinilai lebih efektif. Dalam satu perusahaan tentunya masing-masing telah mengetahui nomor telepon anggotanya, hingga menjadikan WhatsApp grup lebih nyaman dan privasi untuk digunakan.

Karena menjadi tempat rapat yang efektif inilah, penggunaan WhatsApp telah menjadi aplikasi wajib di setiap ponsel pintar. Dengan demikian, penggunaan ponsel pintar pun makin urgent pula untuk urusan bisnis.

Kendala Privasi

Penggunaan WhatsApp grup memang membantu dalam berkoordinasi. Bahkan penggunaannya begitu membantu mengefektifkan ketimbang harus bertatap muka secara langsung. Namun rasanya, penggunaan WhatsApp grup dalam pekerjaan juga memiliki efek samping.

Ketika WhatsApp grup menjadi sarana efektif, terkadang koordinasi melaluinya tidak mengenal waktu. Bahkan ketika diluar jam kerja, notifikasi WhatsApp grup pun tetap berbunyi, hingga mengganggu waktu beristirahat, ataupun berkumpul dengan keluarga. Karena faktor inilah menjadikan WhatsApp grup serasa menyandera privasi ataupun kehidupan pribadi.

Mungkin ada baiknya membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Bekerja dengan bantuan WhatsApp tentu saja sangat membantu, namun alangkah baiknya mematikan notifikasi sejenak ketika tidak sedang bekerja adalah langkah yang bijak. Ada batasan antara pekerjaan dan kapan harus beristirahat serta menikmati hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver