Mengatasi Gagal Browsing di LG Magna

Sudah beberapa minggu saya dipusingkan dengan masalah di ponsel saya. Saya menggunakan LG Magna selama 1 tahun ini dan selama ini tidak mengalami kendala berarti, hingga masalah ini terjadi. Saya selalu gagal browsing bila membuka link dari Twitter.

Seperti biasa, link dari Twitter biasa disingkat menjadi t.co/blablabla. Nah bila ketemu link ini tidak bisa dibuka. Pun dengan menyalin tautan dan menempelkan di browser tetap tidak bisa diakses. Saya pun mencoba untuk mencari cara mengatasinya dengan googling, namun hasilnya nihil. Mungkin dari sekian pengguna LG Magna hanya saya yang mengalami masalah ini.

Karena masih disibukkan dengan beragam pekerjaan, akhirnya saya coba mengakalinya dengan mem-bookmark tautan yang saya inginkan ke aplikasi Pocket. Langkah selanjutnya saya membaca tautan tersebut melalui Pocket. Lumayan, hampir semua link bisa terbaca, meski tidak praktis dan kadang ada beberapa artikel yang terpotong.

Cukup lama, mungkin hingga seminggu saya menggunakan cara ini. Oh ya, saya juga mengalami kendala lain di LG Magna, yakni saat dipakai Dual SIM aktif bersamaan, sinyal kurang begitu diandalkan. Namun, masalah ini nanti saja saya cari solusinya. Saat ini kita kembali fokus ke masalah gagal browsing.

Lama kelamaan, saya pun merasa tidak sabar menggunakan cara browsing tidak biasa diatas. Banyak sekali tautan-tautan yang sebenarnya tidak begitu perlu tersimpan di Pocket. Akhirnya saya memberanikan diri untuk mereset ulang ke pengaturan awal. Pada awalnya saya hanya mereset ulang jaringan. Namun, masalah belum juga terselesaikan.

Kebetulan malam ini saya sedang dalam kondisi yang tidak terlalu sibuk. Akhirnya, saya memutuskan untuk mengatur ulang ke pengaturan pabrik. Saya coba mengembalikan pengaturan LG Magna ke pengaturan awal. Karena banyak data penting dan saya tidak mau kehilangan, akhirnya saya mem-backup terlebih dahulu semua data ke cloud dan juga kartu memori (saya hanya mereset memori internal).

Untungnya di LG Magna ada fasilitas backup dan restore. Cari saja di pengaturan, pasti ada fungsi backup dan reset di menu 'Umum' (oh ya saya menggunakan menu berbahasa Indonesia). Kemudian buat File Cadangan di menu LG Backup. Setelah itu backup apapun yang Anda perlukan, misalnya aplikasi dan lain sebagainya. Saran saya backup di kartu memori. Oh ya, ada beberapa aplikasi yang gagal kembali lho, siap-siap saja download ulang di Play Store. Setelah yakin semua sudah terbackup, silakan reset ke pengaturan pabrik.

Setelah reset selesai, Anda tinggal restore melalui backup yang tadi tersimpan. Jika kesulitan ada baiknya silakan berkonsultasi pada orang lain yang bisa, karena risiko reset adalah hilangnya data kita. Saya tidak bertanggungjawab ya, karena hanya berbagi tips. Dan syukurlah sekarang LG Magna saya sudah tidak mengalami gagal browsing seperti sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Redmi 5 Plus di 2019

Langkah Memperbaiki Notifikasi Whatsapp Telat Masuk di Nokia 5.1 Plus

Review 4Connect Audio Receiver